Ads 468x60px

Labels

Selasa, 19 Maret 2013

keistimewaan air



Air merupakan senyawa yang paling berlimpah didalam sistem hidup dan mencakup 70% atau lebih dari bobot hampir semua bentuk kehidupan air adalah subsatansi kimia dengan rumus kimia H2O satu molekul air terusun atas dua atom hidrogen yang terikat secara kovalen pada satu atom oksigen. Air bersifat tidak berwarna, tidak berwarna dan tidak berbau pada kondisi standar, yaitu pada tekanan 100 kpa dan temperatur 273,15.
Zat kimia ini merupakan suatu pelarut yang penting yang meiliki kemampuan untuk melarutkan banyak zat kimia seperti, garam-garam, gula, asam, beberapa jenis gas dan macam molekul organik

Kepentingan biomedis
             Air merupakan produk akhir utama dari metabolisme oksidatif makanan. Air merupakan nukleofil yang sangat baik. Berfungsi sebagai reaktan dan juga produk dalam berbagai banyak reaksi metabolik. Dua pertiga jumlah total tubuh kita terdiri dari air
            Pengaturan keseimbangan air bergantung pada mekanisme hipotalamus dalam mengendalikan rasa haus pada hormon ADH, dan pada retensi atau ekskresi air oleh ginjal dan kehilangan evaporatif karena respirai dan perspirsi.
Deplesi air dapat terjadi akibat penurunan asupan misal dalam keadaan koma atau karena peningkatan kehilangan cairan. Kelebihan cairan tubuh adalah peningkatan asupan cairan misal pemberian cairan infus yang berlebihan
read more

Air merupakan pelarut biologik yang ideal
            Dalam reaksi metabolik, air berfungsi sebagai reaktan tetapi juga sebagai produk. Air juga menjadi pelarut yang ideal. Air sangat memengaruhi semua interaksi molekuler dalam sistem biologi. Adapun air mempunyai 2 sifat yang penting yaitu secara biologis sifat polar dan kohesif.
  1. Air merupakan molekul polar
Struktur tiga dimensi molekul air merupakan tetrahedron tidak beraturan dengan oksigen pada bagian pusatnya. Dua buah ikatan dengan hidrogen kedua sudut tetrahedron, sementara elektron-elektron yang tidak dipakai bersama pada kedua orbital terhibridasi sp3, menempati dua sudut sisanya. Sudut ikatan antar atom hidrogen sedikit lebih kecil daripada sudut tetrahedran.
  1. Air bersifat kohesif
Molekul-molekul air yang berdekatan meiliki afinitas yang tinggi satu sama lainya. Daerah bermuatan positif dan satu molekul air cenderung akan mengarahkan diri kepada daerah bermuatan negatif pada salah satu molekul didekatnya.

Air merupakan senyawa yang penting dalam struktur hidup
            Seringkali orang mengabaikan pentingnya minum, karena memandang tak ada gunannya. Jumlah air dalam tubuh manusia mencapai dua pertiga berat badan dan merupakan komponen terpenting kedua setelah oksigen untuk melangsungkan kehidupan. Kandungan air dalam tubuh kita adalah pada otak 75%, paru-paru 86%, jantung 75%, hati 83%, otot 75%, darah 83%.
            Air merupakan komponen utama protoplasma dan berperan penting dalam metabolisme sel. Kebutuhan air bagi manusia dewasa adalah rata-rata 1500 ml/m2 , luas permukaan tubuh yang diperoleh dari kandungan air dalam makana dan dari minuman.

0 komentar:

Posting Komentar